Senin, 15 Februari 2010

Perpustakaan Batoe Api

Senin, 15 Februari 2010


Alkisah, pernah seorang perempuan berkomentar tentang Perpustakaan Batoe Api, kebetulan (mungkin) dia baru pertama kali datang ke sana. Perempuan itu berkata: “waahh…di sini bukunya ‘jadul’ semua. Nyampe gak yach otak gua? Ah, mending nyewa novel ajah!”. Memang hampir sebagian besar buku-buku di perpustakaan ini adalah buku lama, buku gak lazim, buku langka, buku kiri, buku sejarah, buku filsafat, buku politik, buku seni dan kebudayaan, bukan berisi buku pemrograman kepribadian atau jarang buku-buku best seller. Tapi dijamin buku-buku di perpustakaan ini bermanfaat bagi para mahasiswa, khususnya di Jatinangor, yang selalu dijerat oleh tugas-tugas kuliah.

Sebut saja namanya Bang Anton, pria bertubuh tambun yang sekilas mirip Taufik Savalas ini (hehehe, maap bang!) bisa membantu kawan-kawan mahasiswa dan umum dalam mencari buku-buku yang dibutuhkan, misalkan: buku Pengantar Studi Pemikiran Islam dan Gerakan Pembaharuan dalam Dunia Islam karya Yusran Asmuni, Pemikiran Politik Indonesia karya Herbert Feith dan Lance Castles, Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer, Soekarno; A Political Biography karya J. D. Legge, Seni Rupa Penyadaran karya Moelyono, Lekra Tak Membakar Buku; Suara Senyap Lembar Kebudayaan Harian Rakjat 1950-1965 karya Rhoma Dwi Aria Yuliantri dan Muhidin M. Dahlan, buku Beyond Good and Evil karya William F. Nietzsche atau Mengerti Sejarah karya Louis Gotchalk (baca: lui kocak). Tidak hanya buku, di perpustakaan yang kira-kira hanya seluas 8 x 4 meter ini juga memiliki koleksi kliping koran, majalah, komik, novel, hingga koleksi lagu-lagu lama dan langka, tapi khusus koleksi lagu-lagu lama dan langka ini harus melalui proses pemesanan.


Akhirul hikayat, Perpustakaan Batoe Api mungkin bisa jadi pilihan kawan-kawan yang ingin menambah ilmu pengetahuan atau kenalan, maklum di sini kita bisa belagak pinter dengan ngebolak-balik lembaran buku. Siapa tau ada lawan jenis yang matanya katarak yang kecantol terus jatuh cinta…hahahahaha…karena Perpustakaan Batoe Api juga bisa kita jadikan tempat kongkow/ngeceng (hang out) yang asik.

0 komentar:

Posting Komentar

 
◄Design by Pocket, BlogBulk Blogger Templates. Distributed by Deluxe Templates